Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

wibiya widget

English French German Spain Italian Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Subscribe To Get FREE Tutorials!

Minggu, 20 November 2011

tips mengatasi demam panggung

Saya ingin berbagi tips bagaimana mengatasi demam panggung bagi kita kita yang punya masalah dengan itu. Berikut adalah tips untuk menangani rasa grogi itu:

1. Pahami bahwa perasaan grogi adalah energi positif

Pernahkah anda merasakan jantung berdebar kencang sekali saat anda berdiri dihadapan banyak orang. Pahami bahwa semua itu adalah sebuah dorongan energi yang meluap dari dalam diri anda. Tidak ada yang salah pada energi itu. Itu semestinya menjadi bahan bakar yang mendorong presentasi anda lebih baik. Anda bisa menggunakan energi itu untuk memantapkan penampilan anda.

2. Bersikaplah nothing to loose

Bersikaplah “nothing to loose” tak sesuatu yang patut kita takutkan. Bila toh kita gagal, maka tidak jadi sesuatu yang harus menjadikan diri kita begitu kehilangan.

3. Tenangkan diri anda

Sementara anda menunggu giliran, atur nafas anda. Tarik nafas dalam-dalam, keluarkan lambat-lambat. Tenangkan pikiran dan emosi anda. Bila perlu pejamkan mata.

4. Kerahkan energi anda

Berdirilah dengan sigap. Berjalanlah dengan tegap dan mantap. Bila perlu hembuskan nafas lepas sambil berteriak kecil, “yes”. Atau turut bertepuk tangan menyambut applause dari audiens.

5. Berbicaralah dengan keras dan lantang

Pernahkan anda bila berbicara lambat, maka bibir anda akan semakin gemetar, suara anda pun bergetar. Salurkan rasa grogi anda melalui suara anda yang keras dan lantang. Suara keras anda bukan hanya dapat mengatasi kecemasan, namun juga sarana menyalurkan energi tersebut.

6. Diam

Anda dapat menyalurkan ketegangan dalam diri anda pada para audiens, yaitu dengan memulai presentasi anda dengan diam beberapa detik. Biarkan ketegangan anda terserap dan jadi ketegangan audiens.

7. Lontarkan humor yang wajar.

Sedikit-sedikit coba anda mengeluarkan humor sedikit yang wajar, dan mungkin bisa membuat sedikit nervous anda sedikit hilang.Jadi tidak ada salahnya mengeluarkan humor sedikit.
Jadi , sekarang giliran anda untuk mencoba cara yang saya berikan.
Berikan yang terbaik untuk diri anda sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar